Gejala dan Tanda Serangan Jantung

Gejala dan Tanda Serangan Jantung – Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme – mengencangnya nadi koroner – atau akibar penggumpalan darah – thrombus. Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.

Gejala dan Tanda Serangan Jantung

Gejala dan Tanda Serangan Jantung

Gejala dan Tanda Serangan Jantung

Gejala dan Tanda Serangan Jantung khas adalah :

  • Nyeri dada tiba-tiba (biasanya menjalar ke lengan kiri atau sisi kiri leher)
  • Sesak nafas (dada terasa seperti “diinjak gajah”)
  • Mual
  • Muntah
  • Jantung berdebar
  • Berkeringat
  • Gelisah

Serangan jantung pada perempuan memiliki lebih banyak Gejala dan Tanda Serangan Jantung dan tidak selalu khas. Sekitar seperempat kasus infark miokard terjadi “diam-diam”, tanpa nyeri dada atau gejala lainnya. Serangan jantung diam-diam tersebut terutama terjadi pada orang tua, pada penderita diabetes mellitus dan setelah transplantasi jantung. Pada penderita diabetes, kenaikan ambang nyeri, neuropati otonom, dan faktor psikologis mungkin menyebabkan gejalanya tidak terasa.

Tingkat kerusakan pada jantung tergantung pada berapa lama otot jantung kekurangan oksigen. Jika aliran darah tidak pulih dalam waktu 20 hingga 40 menit, otot jantung akan mulai mengalami kerusakan permanen, yang mengarah ke jaringan parut. Seiring waktu, hal ini dapat mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung dan aritmia yang mengancam jiwa. Serangan jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Gejala dan Tanda Serangan Jantung Peringatan Dini

Bagaimanapun, salah sekali pendapat bahwa sebuah serangan jantung datang seperti petir di siang bolong. Serangan jantung adalah puncak bencana dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lama, yang sering melibatkan kejutan-kejutan emosional, kekacauan fisiologis dan kelelahan mental. Tanda-tanda peringatan dini begitu subyektif dan begitu tersamar, sehingga bahkan dokter yang terlatih untuk mengukur segala sesuatu secara obyektif masih bisa mengabaikannya.

Pemeriksaan yang dilakukan pada serangan jantung adalah dengan melakukannya secara berkala :

  1. Pemeriksaan kolesterol total
    Pemeriksaan kadar kolesterol tinggi yang merupakan salah satu pemicu dari terjadinya penyakit aterosklerosis oleh sebab itulah pemeriksaan ini biasanya digunakan sebagai salah satu dari faktor resiko penyakit aterosklerosis.
  2. Kolesterol LDL-direk
    Pemeriksaan ini sangat berguna untuk membantu mengetahui profit dari lipid dan juga untuk mengetahui tingkat keberhaslan dari pengobatan dengan cara menggunakan obat penurun tingkat lipid.
  3. Kolesterol HDL
    pemeriksana ini bertujuan untuk bisa menilai profil dari lipid dan juga menilai resiko dari sakit kardiovaskular dengan menggunakan cara tertentu untuk bisa menentukan suatu jumlah dari kolesterol yang ada di dalam partikel HDL.
  4. Trigliserida
    Kandungan trigliserida yang ada di dalamnya diperiksa untuk menentukan kadar trigliserida sebagai salah satu dari jenis lemak darah dan paling utama adalah pasien yang mengalami masalah pada kelainan kadar trigliserida.
  5. Apo A1
    Tujuan dari pemeriksaan ini dilakukan adalah untuk menilai dari kualitas kolesterol baik atau HDL.
  6. Apo B
    Tujuan dari pemeriksaan Apo B ini adalah untuk meningkatkan prediksi dari resiko penyakit jantung koroner. Dan jika semakin tinggi dari kadar Apo B, walaupun kadar dari LDL normal namun hal ini tetap saja bisa meningkatkan resiko dari penyakit jantung koroner.
  7. Hs-CRP
    Aterosklerosis adalah cikal bakal dari penyakit jantung koroner dan biasanya ditandai dengan suatu peradangan yang kornis. Pemeriksaan dari hs-CRP ini sangat bermanfaat untuk membantu menentukan dari resiko kardiovaskular pada orang yang sehat.

Deteksi Dini Serangan Jantung

Deteksi dini dari gejala dan tanda serangan jantung pada penyakit jantung koroner adalah :

  1. Membantu mendeteksi secara dini apakah ada kemungkinan terjadinya resiko penyakit jantung koroner atau juga tidak baik pada mereka yang sudah atau pernah mengeluhkan rasa sakit di dada atau angina pectoris.
  2. Mendeteksi apakah ada suatu faktor resiko yang tinggi dan juga faktr resiko yang utama yang masih berkaitan dengan penyakit jantung koroner seperti misalnya adalah penyakit diabetes melitus, tekanan darah tinggi, dan juga kadar dari kolesterol yang sangat tinggi.
  3. Mencegah penyakit jantung koroner secara dini dan terjadinya serangan jantung.

Banyak teknik pemeriksaan secara medis baik yang dilakukan secara invasif atau juga tidak, meliputi salah satunya adalah teknik seperti merekam listrik jantung, pencitraan dengan menggunakan X-ray, gelombang suara pada ultra dan juga resonasi secara magnetik yang biasanya dilakukan oleh dokter dengan tujuan untuk membantu mendeteksi atau juga mendiagnosis dari penyakit jantung koroner. Diagnosis ini bsia ditegakkan lewat pemeriksaan angiografi koroner, namun invasif. Selain itu pemeriksaan ini dilakukan dengan pemaparan sinar dosis-X tinggi, pemaparan zat kontras yang masuk ke dalam tubuh serta lebih mahal juga. Sedangkan diagnosis klinis penyakit jantung koroner biasanya bisa ditegakkan oleh dokter lewat beberapa teknik pemeriksaan yang lain.

Gejala dan Tanda Serangan Jantung


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *