Penyebab Serangan Jantung

Penyebab Serangan Jantung – Serangan jantung adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati.

Penyebab Serangan Jantung

Penyebab Serangan Jantung

Penyebab Serangan Jantung

Faktor-faktor Penyebab Serangan Jantung ialah :

Usia

Saat usia 45 tahun, sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung. Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi). Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.

Riwayat Penyakit Jantung

Riwayat serangan jantung di dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.

Penyakit Diabetes

Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukanlah karena meningkatnya level gula darah, namun karena kondisi komplikasi jantung mereka.

Merokok

Resiko penyakit jantung dari merokok setara dengan 100 pon kelebihan berat badan – jadi tidak mungkin menyamakan keduanya.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

Kegemukan (Obesitas)

Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung – dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.

Stres

Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa

Pemeriksaan Serangan Jantung

Salah satu pemeriksaan yang dilakukan pada penyebab serangan jantung adalah dengan melalkukan foto rontgent dada. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai bentuk dari pemeriksaan suatu pencitraan dengan menggunakan sinar X sebagai tujuan untuk bisa mendapatkan suatu gambaran atau suatu kesan mengenai rongga dada Anda. Pemeriksaan ini bukanlah suatu pemeriksaan yang rutin dilakukan untuk kasus penyakit jantung koroner, jadi tidak semua orang yang mengeluhkan penyakit angine pectoris akan melakukan pemeriksaan foto rontgent dada. Pemeriksaan ini biasanya terjadi sangat tidak akurat untuk bisa membantu mendeteksi dari keberadaan pada kaksus penyakit jantung koroner, karena sama sekali tidak nampak plak atau juga sumbatan pada koroner, namun pada beberapa tanpa suatu komplikasi yang lanjut dan PJK bisa dilihat, misalnya adalah seperti gejala sakit gagal jantung dan terjadinya bendungan paru.

Pemeriksana sakit jantung lainnya adalah dengan pemeriksaan EKG. Pemeriksaan EKG bisa merekam aktivitas dari listrik jantung. Sumbatan yang terjadi pada koroner di jantung biasanya akan mengalami suatu gejala iskemik yang akan mengakibatkan gangguan dari aktivitas listrik pada jantung yang biasanya akan terdeteksi lewat elektrogram. Selain itu juga EKG bisa merekam berbagai terjadinya kelainan di aktivitas listrik jantung yang lain. Pemeriksaan EKG adalah salah satu bentuk pemeriksaan dari penyakit jantung koroner yang wajib dilakukan.

Kelebihan dari pemeriksaan EKG adalah :

  1. Biaya yang murah
  2. Tidak menimbulkan suatu perlukaan
  3. Bisa ditemukan pada banyak klinik
  4. Cepat untuk bisa mendapatkan hasil
  5. Memberikan suatu kesimpulan pada penyakit jantung koroner jika saat diperiksa penderita mengalami nyeri pada dada.

Selain itu, keadaan iskemik ini bisa dibuat dengan menggunakan tes atau menggunakan uji latih treadmill. Pemeriksaan EKG yang dilakukan biasanya tidak akan menimbulkan suatu perlukaan, dan hampir bisa dilakukan pada semua orang. Pemeriksaan EKG menjadi tidak berbahaya dan tidak akan menimbulkan suatu komplikasi penyakit lain. Tetapi, EKG tidak bisa melihat adanya suatu sumbatan yang terjadi. EKG juga bisa dipakai sebagia alat untuk memantau secara terus menerus, misalnya adalah memantai EKG di ryang ICU, serta juga holter yakni alat rekam EKG yang portabel yang bisa Anda bawa kemana-mana. Holter bisa melakukan suatu perekaman pada jantung selama kurang lebih 24 jam atau bahkan lebih. Hasil dari rekaman yang dievaluasi oleh dokter sehingga dokter akan tahu kapan keadaan dari iskemik jantung bisa terjadi.

Pemeriksaan lain dari serangan jantung adalah pemeriksaan EKG Treadmill. Pemeriksaan treadmill ini dilakukan dengan uji latih pada beban jantung yang sebenarnya adalah suatu bentuk modifikasi dari suatu pemeriksaan EKG, yakni disaat pemeriksaan pada penderita biasanya akan diberikan suatu beban aktivitas yang akan menyebabkan jantung bisa disengaja mengalami peningkatan pada kebutuhan dari asupan aliran darah sehingga gejala dari iskemik ini akan bisa terekam dengan baik oleh EKG. Jika seseorang tidak bisa melakukan uji treadmill dengan menggunaakan alat uji misalnya sepeda atau treadmill, maka biasanya ia akan diberikan suatu beban buatan pada jantung dengan cara memberikan jenis obat-obatan sehingga membuatnya seolah-olah jantung sedang melakukan aktivitas atau yang diisitilahkan sebagai pharmacological.

Uji ini misalnya dilakukan untuk penderita yang mengalami masalah cacat pada kaki namun mengeluhkan rasa nyeri di dada. Pemeriksaan treadmill ini biasanya lebih seriing digunakan untuk pemeriksaan dini penykit jantung koroner karena lebih mudah, selain itu juga tidak akan menimbulkan suatu perlukaan dan biayanya yang tidak terlalu mahal. Pemeriksaan treadmill ini akan menilai berat atau ringannya penyakit jantung koroner pada seseorang sedangkan pada pemeriksaan EKG hal ini tidak bisa dilakukan.

Penyebab Serangan Jantung


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *