Serangan Jantung Koroner

Serangan Jantung Koroner – Salah satu penyakit pada sistem kardiovaskuler yang sering terjadi dikenal sebagai┬áSerangan Jantung Koroner dan penyakit jantung. Penyakit tersebut amat berbahaya karena yang terkena adalah organ yang amat penting dari tubuh kita. Penyakit di atas menempati peringkat pertama di negara-negara industri maju, bahkan juga di berbegai negara yang sedang berkembang.

Serangan Jantung Koroner

Serangan Jantung Koroner

Serangan Jantung Koroner

Adanya berbagai penyakit jantung diawali dengan proses penyumbatan di pembuluh arteri yang menyebabkan tidak cukupnya suplai darah ke otot jantung.

Apabila aliran darah di dalam urat nadi koroner itu terhalang secara total, bagian otot jantung yang bersangkutan mengalami kerusakan dan ini dikenal sebagai “serangan jantung” atau myocardial infarction (MI). MI umumnya disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner secara tiba-tiba, karena pecahnya plak lemak pada arteri koroner yang kemudian terjadi proses kombinasi. Plak lemak tersebut menjadi titik-titik lemah dari arteri itu dan cenderung untuk pecah.

Pada waktu pecah di lokasi tersebut, gumpalan cepat terbentuk dan menghambat arteri secara menyeluruh serta memutuskan aliran darah ke otot jantung. Ini mengakibatkan rasa sakit dada yang hebat pada pusat dada dan menyebar sampai lengan atau leher. Sakit dada tersebut diikuti dengan keringat dan nafas pendek.

Pada serangan jantung akut pasien bisa hilang kesadarannya. Untuk mengatasi MI diadakan tindakan untuk menbuka kembali saluran arteri yang buntu dengan menggunakan obat tertentu yang mampu melarutkan gumpalan yang menyumbat.

Gejala Serangan Jantung Koroner

Gejala serangan jantung koroner adalah :

  1. Nyeri pada dada
  2. Mengalami sesak nafas atau nafas pendek
  3. Dan mengalami serangan jantung.

Diagnosis yang dilakukan pada serangan jantung koroner adalah :

  1. Elektrokardiografi (EKG)
    Dengan melakukan pemeriksa EKG ini akan diketahui kemungkinan dari adanya suatu kelainan di jantung dengan tingkat ketepatan sekitar 40%.
  2. Enchocardiografi
    Cara pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan gelombang suara dalam menghasilkan suatu gambar detak jantung. Dan selama proses ini, biasanya dokter bisa menentukan apakah semua dari bagian yang ada pada dinding jantung kemudian akan berkontribusi biasa dalam bentuk aktivitas untuk memopa jantung. Dan bagian yang bergerak dengan lemah kemungkinan mengalami kesuakan selama penyakit serangan jantung atau disaat menerima oksigen yang terlalu sediit. Hal ini mungkin menandakan dari arteri koroner atau juga beberapa kondisi yang lainnya.
  3. Kateterisasi Koroner
    Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat dari aliran darah lewat jantung, biasanya dokter kemuungkinan akan menyuntikkan cairan yang khusus masuk ke dalam pembuluh darah atau intravena. Hal ini lebih dikenal sebagai angiogran. Cairan tersebut kemudian disuntikkan ke dalam arteri jantung dan juga lewat pipa yang panjang, tipis, serta fleksibel yang bisa dilewati dari jalur arteri, dan baisanya akan masuk di kaki, kemudian ke arteri jantung. Pewarna akan menandai dari bintik-bintik pada penyempitan serta penyumbatan yang terjadi di gambar sinar X. Jika pasien yang melakukan pemeriksaan mempunyai masalah pada penyumbatan yang membutuhkan suatu perawatan, maka balon bisa didorong dengan menggunakan kateter dan juga ditiup untuk membantu meningkatkan aliran darah yang masuk ke dalam jantung.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Cara mencegah penyakit serangan jantung koroner dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Gaya hidup zaman sekarang yang kurang baik, mengonsumsi jenis makanan yang tidak mengandung serat dan cenderung mengandung lemak tinggi akan bisa meningkatkan resiko dari penyakit jantung.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung koroner adalah minum jus buah. Jus buah yang membantu mengurangi resiko serangan jantung koroner adalah :

  1. Jus jeruk
    Kandungan hesperidin dan vitamin C yang ada di dalam buah jeruk akan membatu menurunkan resiko dari tekanan darah diastolik dan selain itu juga sangat baik dalam membantu meningkatkan fungsi dari endotel atau dinding pembuluh darah.
  2. Anggur
    Buah anggur merah dan ungu banyak mengandung kandungan flavonoid dan juga kandungan resveratrol yang bekerja untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan sel-sel lapisan pembuluh darah.
  3. Delima
    kandungan polifenol yang ada di dalam buah delima sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dan antara lain salah satunya adalah untuk membantu mencegah serta menurunkan resiko dari aterosklerosis atau penebalan yang terjadi pada dinding arteri, selain itu membantu untuk mengontrol kolesterol tinggi dengan mengurangi kolesterol jahat serta dalam membantu meningkatkan kolesterol baik di dalamnya.
  4. Buah apel
    Buah apel mengandung zat fitokimia seperti fitonutrien dan juga pectin yang berkerja sebagai antioksidan di dalam tubuh dan bisa membantu menurunkan resiko dari kolesterol jahat yang tinggi.
  5. Kiwi
    Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat baik sebagai zat antioksidan dan juga dalam membantu meningkatkan elastisitas serta kekuatan dari pembuluh darah.
  6. Buah alpukat
    Kandungan kalium serta natrium yang ada di dalam buah alpukat sangat baik untuk bisa mengintril ketegangan yang terjadi di arteri serta kolesterol.
  7. Stroberi
    Kandungan kalium, magnesium serta vitamin C di dalam buah stroberi sangat baik untuk mengatur tekanan darah dan juga sebagai zat antioksidan alami yang membantu membuat otot arteri menjadi kebih rileks.
  8. Blewah
    Buah blewah mengandung beta karoten, vitamin C, dan juga vitamin B yang kompleks yang mempunyai manfaat untuk antioksidan serta antikoagulan atau pengencer darah, serta membantu untuk mencegah atherosklerosis dan pembentukkan dari plak di dinding arteri dan juga penyakit tekanan darah tinggi.

Serangan Jantung Koroner


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *