Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung Mendadak – Kematian serangan jantung mendadak diartikan sebagai kematian jantung yang tidak terduga dalam waktu 1 jam sesudah onset gejalanya. Lebih dari 300.000 kasus kematian jantung mendadak terjadi setiap tahunnya di Amerika Serikat. Kematian jantung mendadak terutama disebabkan oleh penyakit jantung iskemik dengan 75% hingga 95% korbannya sudah mengalami stenosis aterosklerotik yang signifikan, keadaan ini kerap kali pula disertai dengan disrupsi plak yang akut.

Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung Mendadak

Kematian jantung mendadak jarang terjadi sebagai akibat dari stenosis katup aorta, kelainan herediter atau didapat pada sistem hantaran jantung, gangguan elektrolit, prolapsus katup mitral, kardiomiopati dilatasi atau hipertrofik, deposisi miokardium, mikarditis atau ketidakstabilan eketrik intrinsik.

Pada pasien-pasien yang berhasil hidup setelah mengalami serangan jantung mendadak (dengan dilakukannya resusitasi jantung) hanya 25-50% yang kemudian benar-benar mengalami infrak miokardium. Hal ini menunjukkan bahwa aritmia yang fatal (misalnya asistole atau fibrilasi ventrikel) merupakan keadaan yang paling sering menyebabkan kematian jantung mendadak.

Aritmia mungkin dipicu oleh pembentukan parut pada sistem hantaran, jejas iskemik yang akut atau ketidakstabilan elektrik yang terjadi karena fokus iskemik yang akut atau ketidakstabilan elektrik yang terjadi karena fokus iskemik atau karena gangguan keseimbangan elektrolit.

Serangan jantung mendadak harus Anda ketahui bahwa jenisnya berbeda dengan serangan jantung biasa. Seseorang di kondisi puncak mereka misalnya adalah sebagai olahrawagawan yang profesional, atlet remaja biasanya terlihat akan sehat dan seharusnya memang resiko dari penyakit jantungnya rendah. Namun hal ini kadang suka diluar dugaan. Bahwa mereka mempunyai resiko yang besar dalam mengalami penyakit jantung. Serangan jantung mendadak yang terjadi di usia muda akan membunuh sekitar 1 : 100.000 sampai 1 : 300.000 pada atlet yang berusia dibawah 35 tahun dan biasanya lebih banyak dialami oleh pria.

Penyebab Serangan Jantung

Serangan jantung yang biasa biasanya disebabkan karena adanya suatu masalah yang terjadi pada sirkulasi dari jantung. Serangan yang terjadi pada penyumbatan secara mendadak di arteri koroner yang membuat aliran darah pada jantung akan merusak otot-otot jantung. Dan sebaliknya, serangan jantung mendadak disebabkan karena keadaan atau kondisi listri yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena sinyal-sinyak dari listrik yang membantu mengontrol kemampuan jantung untuk bisa memompa mengalami suatu hubungan arus pendek. Dan terjadi secara mendadak, jantung berdetak lebih kencang dan lebih cepat yang bisa mengakibatkan terjadinya ventrikel pada jantung mengalami getaran atau menjadi berdebar, malah tidak bisa memompa jantung dengan lebih koordinasi. Gangguan pada irama ini biasanya disebut dengan fibrasi ventrikel dan terjadi sebagai salah satu repons pada keadaan jantung yang bisa mengakibatkan gangguan hal ini terjadi yang memungkinkan sudah atau juga belumnya terdeteksi.

Fibrasi ventrikel yang terjadi ini kemudian akan mengganggu gerakan dari jantung untuk memompa, kemudian menghentikan aliran darah menuju ke selutuh tubuh. Seseorang yang mengalami kematian serangan jantung mendadak biasanya akan mengalami gejala seperti jatuh dengan mendadak dan hilangnya kesadaran tanpa adanya suatu denyut nadi atau juga napas. Tanpa adanya suatu tindakan dalam bentuk CPR dari defibrillator secara otomatis, maka penderita biasanya akan meninggal dalam hitungan waktu beberapa menit. Karena itulah keadaan seperti ini disebut dengan istilah kematian jantung mendadak. Tetapi, memang ada suatu hubungan antara dari serangan jantung dengan kematian pada jantung yang terjadi secara mendadak. Serangan pada jantung akan memicu terjadinya suatu kerusakan pada listrik yang pada akhirnya mengakibatkan serangan jantung mendadak dan kematian.

Beberapa penyebab dari serangan jantung mendadak adalah :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Kolesterol tinggi
  3. Penyakit diabetes
  4. Dan masalah penyakit lainnya

Keadaan yang bisa mendasari pada usia muda biasanya menjadi sangat berbeda dengan keadaan yang mendasari oleh seseorang yang berusia lanjut. Pada usia muda, biasanya penyebab yang dicari adalah penyakit turunan dan juga miokardium atau pada jaringan otot jantung, serta sistem listrik dan kemudian penyakit jantung bawaah. Namun penyebab nomor satu dari penyakit jantung mendadak adalah karena HCM atau hyperthropic cardiomyopathy yakni salah satu gangguan yang ditandai dengan penebalan dengan tidak normal yang terjadi di otot jantung. Lapisan yang ada di dalam jantung kemungkinan tidak mendapatkan asupan darah yang cukup dengan melakukan olahraga.

Namun kasus akibat HCM merupakan salah satu kasus yang langka dan biasanya hanya akan diperkirakan mempengaruhi sekitar 0,05% sampai dengan 2% saja dari populasi. Kelainan penyakit jantung bawaah dari arteri koroner adalah faktor resiko yang lain dari terjadinya kematian serangan jantung mendadak. Jadi posisi arteri menjadi tidak benar. Kondisi lainnya yang akan memicu terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung adalah gangguan pada listrik turunan dari penyakit jantung yang biasanya diistilahkan dengan QT panjang. Keadaan dari peradangan pada jantung yang disebut dengan istilah miokarditis akut dan juga sindroma Marfan.

Sindrom Marfan merupakan salah satu bentuk kelainan pada faktor gen dan juga pada jarinigan ikat yang mempunyai efek dari kardiovaskular yang fatal. Orang dengan kasus sindrom Marfan biasanya cenderung lebih kurus dan lebih tinggi. Selain itu, mereka juga lebih beresiko untuk bisa merobek pembuluh darah mereks sendiri. Resiko dari robeknya akan meningkat dengan terjadinya peningkatan secara mendadak pada tekanan darah yang mungkin akan terjadi selama aktivitas dari olahraga yang sangat intens.

Serangan Jantung Mendadak


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *