Serangan Jantung Pada Wanita

Serangan Jantung Pada Wanita – Serangan jantung pada wanita tentunya berbeda dengan pria. Selama bertahun-tahun penelitian tentang penyakit jantung dan penangannya dilakukan pada pria, padahal menurut M.Sara Rosenthal, Ph.D., penulis buku The Natural woman’s Guide to Hormonal Replacement Therapy, sistem kardiovaskular wanita berbeda dengan sistem kardiovaskular pria. Karena itu, gejala penyakit jantung pun berbeda pada pria dan wanita.

Serangan Jantung Pada Wanita

Serangan Jantung Pada Wanita

Serangan Jantung

Gejala penyakit jantung atau bahkan serangan jantung pada wanita sangatlah kabur, seakan tidak terkait dengan organ jantung. Gejalanya pada wanita kadang mengejutkan atua bahkan tersamarkan dengan masalah pada tiroid.

Pria yang mengalami serangan jantung biasanya mengeluh merasa sakit di dada di bawah tulang dada yang kemudian menyebar hingga ke rahang dan lengan kiri. Sedangkan wanita yang mengalami serangan jantung malah mengalami kesakitan yang parah di rahang disertai gangguan pencernaan.

Jadi, mungkin saja wanita meninggal disebabkan serangan jantung “diam-diam” karena sering kali ganggan jantung yang serius pada wanita tidak terdiagnosis dan tidak tertangani dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa kematian akibat serangan jantung di rumah sakit (di Amerika) pada wanita dua kali lipat dibanding dengan pria.

Karena itu, jika Anda sudah menopause, pelajari dengan cermat gejala Serangan Jantung Pada Wanita berikut ini dan waspadai kondisi jantung Anda.

  • Napas pendek atau sesak nafas
  • Sakit pada rahang yang sering tersamarkan dengan radang gusi
  • Sakit di belakang leher yang sering tersamarkan dengan radang sendi
  • Sakit di sepanjang lengan kanan atau kiri
  • Sakit punggung yang sering tersamarkan dengan artritis dan sakit persendian
  • Berkeringat berlebihan. Ini juga merupakan gejala klasik kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Selain itu jika Anda penderita diabetes, periksa juga kadar gula darah, mungkin terlalu rendah
  • Pingsan
  • Dada terasa panas, sering bersendawa atau sakit pada organ pencernaan. Pada wanita, ini merupakan tanda serangan jantung yang sesungguhnya.
  • Rasa “berat” pada bagian dada di antara payudara. Ini gejala khas pada wanita yang kena angina (sakit dada). Kadang rasa nyerinya seperti ditusuk-tusuk atau diremas-remas atau seolah jantung melompat ke tenggorokan.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung di Indonesia masih terbilang tinggi hal ini menjadi salah satu penyebab paling tinggi dari kematian yang terjadi. Pada wanita, serangan jantung yang terjadi ditandai dengan beberapa gejala umum misalnya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun, mungkin yang menjadi suatu pertanyaan adalah apakah gejala penyakit jantung antara wanita dan antara pria sama? Jawabannya berbeda. Pada dasarnya sangat sedikit wanita pra menopause yang mengalami masalah pada enyakit jantung namun ada suatu pengecualian jika wanita tersebut sering merokok, mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus dan juga mengonsumsi jenis pil KB dalam jangka waktu yang lama. Namun tetapi, selanjutnya merokok masih bisa menjadi salah satu penyebab paling tinggi dari terjadinya serangan jantung pada wanita.

Orang-orang yang beresiko mengalami penyakit jantung adalah :

  1. Wanita menopause
  2. Perokok aktif
  3. Riwayat kesehatan keluarga yang menderita penyakit jantung sebelum usia memasuki 60 tahun.
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Diabetes
  6. Obesitas atau kelebihan berat badan
  7. Kolesterol tinggi

Jantung adalah organ yang sangat penting untuk tubuh dan fungsinya sangat vital bagi tubuh manusia. Oleh sebab itulah dengan menjaga kesehatan jantung maka hal ini sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan menyayangi jantung Anda. Menerapkan pola hidup sehat dan juga mengenali gejala penyakit jantung awal.

Serangan Jantung Pada Wanita

Serangan jantung pada wanita yang terjadi menurut salah satu penelitian yang pernah dilakukan sekitar 43% wanita yang mengalami atau menderita penyakit ini sekitar 43% wanita biasanya tidak akan menunjukkan suatu gejala. Tidak ada suatu gejala nyeri yang akut misalnya adalah nyeri yang sering terjadi pada pria. Dan penelitian lain juga menunjukkan suatu gejala yang biasanya lebih sering ditemukan saat serangan jantung pada wanita misalnya adalah seperti nafas pendek atau sesak nafas, lemah dan letih namun penyebab pastinya masih belum diketahui.

Kemudian wanita yang mengalami serangan jantung ini akan menunjukkan gejala yang lebih mirip seperti gangguan pada system pencernaan misalnya adalah seperti mual, nyeri ulu hati, perut sesak, nyeri pada punggung belakang. Gejala-gejala yang muncul lebih mirip kepala gejala sakit maag dan bisa menjebak. Pada akhirnya hal ini sering dianggap sebagai salah satu masalah yang diakibatkan karena system pencernaan dan stress, akibat terlalu diabaikan. Serangan jantung pada wanita walaupun tidak menunjukkan suatu hal yang khas, namun bisa menyerupai suatu gangguan lambuung yang sering membuat Anda menjadi lengah, mengabaikannya dan juga salah dalam menegakkan diagnosis. Oleh sebab itulah, jika Anda mempunyai salah satu factor resiko dari penyakit jantung seperti keturunan, usia, obes, dan hal lainnya. Anda harus lebih berhati-hati mengenai hal ini.

Dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh maka Anda sudah menjaga kesehatan jantung Anda untuk mengurangi resiko terjadinya serangan jantung. Untuk Anda yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok, maka mulai sekarang berhentilah untuk melakukan kebiasaan tersebut. Karena untuk seorang wanita bukan saja bisa memicu terjadinya penyakit jantung, namun juga bisa membuat Anda mandul dan merusak janin.

Serangan Jantung Pada Wanita


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *