Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung

Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung – Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke suatu bagian otot jantung terhalang. Jika aliran darah tidak bisa diperbaiki dengan cepat, bagian dari jantung tersebut akan rusak karena kekurangan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian.

Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung

Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung

Serangan Jantung

Serangan jantung adalah pembunuh utama baik pada pria maupun wanita. Tetapi, sekarang banyak cara penyembuhan serangan jantung yang bisa menyelamatkan nyawa dan mencegah cacat. Perawatan sangat efektif jika dimulai jarak 1 jam setelah awal gejala.

Serangan jantung terjadi karena sebuah kondisi yang biasa disebut Coronary Artery Disease (CAD). Pada keadaan CAD, sekumpulan lemak yang disebut plak menumpuk selama bertahun-tahun pada bagian dalam arteri koroner (bagian arteri yang mensuplai darah dan oksigen ke jantung). Pada akhirnya, areal plak tadi menumpuk dan menghalangi aliran darah.

Saat terjadi serangan jantung, jika halangan pada arteri koroner tidak dirawat secepatnya, otot jantung akan mulai mati dan digantikan dengan bekas luka. Kerusakan pada jantung ini tidak terlalu terlihat, tetapi akan menjadi masalah yang berlangsung lama.

Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung

Sebuah serangan jantung mungkin dimulai dengan Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung rasa sakit yang tidak jelas, rasa tidak nyaman yang samar atau rasa sesak di bagian tengah dada. Kadang, sebuah serangan jantung hanya menimbulkan rasa tidak nyaman yang ringan sekali hingga sering disalahartikan sebagai gangguan pencernaan atau bahkan lepas dari perhatian sama sekali.

Terdapat beberapa Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung yang lebih spesifik, antara lain :

  1. Nyeri
    Selama melakukan aktivitas, akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Otot yang tidak tersuplai darah dengan sesuai kebutuhan, oksigen dan proses metabolisme yang berlebih justru membuat kram. Dada terasa nyeri, sesak, karena otot jantung tidak mendapat cukup asupan darah. Nyeri yang dirasakan akan terjadi hampir disetiap harinya.
  2. Sesak Nafas
    Masuknya cairan ke dalam rongga paru-paru sehingga mengganggu aliran udara dalam paru-paru. Penderita akan mengalami sesak nafas. Penderita merasa sesak nafas pada saat melakukan kegiatannya, sedang jika penderita sesak nafas saat istirahat (diam) berarti kategori sakit jantung tingkat lanjut. Sesak nafas sering dialami pada posisi berbaring. Karena cairan yang terkumpul di paru-paru mengalir ke jantung.
  3. Kelelahan atau Kepenatan
    Otot jantung yang melemah menyebabkan proses pemompaan darah kurang sempurna. Penderita sering merasa lemah dan lelah meskipun tidak melakukan kegiatan apapun. Untuk menghindari melemahnya fungsi jantung, penderita harus rutin berolahraga dan melakukan banyak gerakan yang akan memicu kerja jantung lebih aktif.
  4. Jantung Berdebar-Debar (Palpitasi)
    Jantung berdebar-debar tanda sakit jantung adalah jenis debar yang bersamaan dengan gejala lain yaitu saat seseorang kelelahan, sesak nafas dan nyeri di tubuhnya. Bukan jantung berdebar saat nonton film atau ketakutan.
  5. Pusing atau sakit kepala dan Pingsan
    Pemompaan darah yang tidak normal sehingga pemasukan darah bersih menjadi terganggu, seseorang bisa merasakan pusing akibat kurang darah. Detak jantung melemah yang mengakibatkan penderita pingsan. Rasa nyeri yang terus-menerus, sakit di antara tulang punggung, dan gangguan pada otak karena abnormalnya suplai darah menjadikan pusing kemundian pingsan.

Makanan Untuk Penderita Serangan Jantung

Dibawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi resiko dari serangan jantung adalah :

  1. Cokelat
    Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Namun cokelat yang dipilih adalah Dark chocolate dengan kandungan kadar cocoa paling tidak adalah sekitar 75% baik dalam membantu untuk meredakan stres yang baik untuk kesehatan jantung. Dan salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi skeitar 6 ons dark chocolate ini dalam sehari akan membantu untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Anda bisa langsung makan dark chocolate langsung.
  2. Blueberry
    Buah bluebrry merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun buah blueberry adalah salah satu jenis pilihan yang baik. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Keduanya bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi stres serta mengandung kalori yang rendah jadi sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Anda tidak perlu mengolah blueberry dalam bentuk kyang macam-macam, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Namun sebaiknya dicuci terlebih dahulu.
  3. Lidah buaya
    Kandungan beta-sitosterol yang ada di dalam lidah buaya membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah serta menguatkan pembuluh vena dan jga arteri di dalamnya.
  4. Wortel
    Kandungan beta-karoten, gluthathione di dalam buah wortel akan membantu mengurangi kadar dari kolesterol tinggi dan juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
  5. Buah tomat
    Buah tomat mengandung lycopene, phytonutrients , flavonoid, 9-oxo-octadecadienoic acid yang bisa membantu untuk menghambat terjadinya agregasi pada trombosit, membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta juga akan bertindak sebagai zat antioksidan yang sangat baik.
  6. Buah mentimun
    Buah mentimun mengandung beta karoten, dan juga mengan yang bisa bekerja sebagai antioksidan serta membantu untuk menangkal radikal bebas.

Selain dengan mengonsumsi beberapa daftar makanan diatas, Anda juga harus melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat adalah dengan tidak merokok dan juga menjauhi minuman yang mengandung alkohol.

Tanda-Tanda Sakit Serangan Jantung


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Serangan Jantung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *